Monster Sangar yang Narsis

Kamis, 02 Juli 2015 - 10:51 WIB
Monster Sangar yang...
Monster Sangar yang Narsis
A A A
NISSAN Juke-R edisi teranyar mendapatkan dandanan baru. Alih-alih tampil gagah, mobil crossover ini malah jadi terlihat lebih sangar.

Saat pertama kali diluncurkan pada 2011, Nissan Juke-R langsung membuat catatan khusus. Nissan dianggap berhasil menggabungkan dua segmen mobil yang berbeda ke dalam satu mobil, yakni crossover dan sport car. Tubuh Nissan Juke-R memang tidak lain adalah tubuh crossover Nissan Juke yang saat ini sering kita lihat di jalan-jalan Indonesia.

Hanya, jantung mekanis mobil ini adalah mesin yang ada di mobil sport kebanggaan Nissan, Nissan GT-R. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pernah membawa mobil monster ini ke Indonesia sekitar awal April lalu. Hanya, mereka tidak menjual mobil tersebut ke pasar Indonesia karena memang Nissan hanya mendistribusikan mobil ini sebanyak 21 unit saja.

KORAN SINDO pernah melihat langsung mobil ini dan memang tidak ragu jika tongkrongan mobil ini sudah cukup sangar. Setidaknya sudah terasa pas untuk menggambarkan kekuatan yang ada di balik kap mesin mobil. Namun, Nissan mungkin berpikir sebaliknya. Mereka masih menganggap tampilan mobil ini masih terlihat sama dengan Nissan Juke biasa.

Terkesan sleeper malahan karena memang tidak ada tampilan khusus yang membuat mobil ini jadi berbeda. Inilah yang mereka lakukan dengan menghadirkan Nissan Juke-R versi 2.0. Tampilan eksterior mobil ini dirombak habis-habisan. Jika Nissan Juke-R lawas mengaplikasikan bodi Nissan Juke lama, Nissan Juke- R 2.0 menggunakan badan Nissan Juke baru.

Ini terlihat lewat grille V-shape yang kini jauh lebih tebal dan sentuhan krom di sisi kiri dan kanannya. Ukuran lampu utama pun dibuat lebih besar mengikuti ukuran yang ada di Nissan Juke baru. Sektor yang paling berubah adalah sektor bumper. Karena Nissan Juke baru tidak lagi memiliki lubanglubang di bagian bumper, maka arsitek Nissan Juke-R 2.0 memiliki kebebasan yang besar dalam mendesain bumper baru.

Inilah bagian yang menurut Koran SINDO cukup provokatif di Nissan Juke-R 2.0. Bumper baru benar-benar dibuat besar. Bumper yang kokoh dan berkotak-kotak itu malah mengingatkan pada moncong saudara tertua, Nissan GT-R. Bagian buritan mobil pun dibuat menarik. Kini sayap dinamis yang ada di bagian atas dibuat terpisah dan lebih tipis dibanding yang lama.

Nissan sayangnya tidak membuka selubung interior mobil ini. Namun, gambarannya bisa sedikit terbayang jika kita melihat interior yang ada di Nissan Juke baru. Tinggal tambahkan roll cage yang melindungi bagian dalam mobil ini maka jadilah interior Nissan Juke-R 2.0. Dengan dandanan yang mencolok tersebut, Nissan Juke-R 2.0 memang tidak sungkan tampil mencolok.

Mobil ini tidak lagi menyimpan tenaga besar yang ada di dalamnya. Memang jika dibandingkan dengan Nissan Juke-R lama, Nissan Juke-R 2.0 memiliki tenaga maksimal hingga 600 daya kuda. Tenaga ini lebih besar 55 daya kuda dibanding Nissan Juke-R lama.

“Nissan Juke-R 2.0 adalah perpaduan sempurna dari inovasi yang dimiliki Nissan dan mesin super yang ada di Nissan GT-R,” ujar Gareth Dunsmore. Jadi, kita tunggu saja berapa unit mobil ini akan diproduksi oleh Nissan?

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)